Wednesday, March 11, 2009

Pesawaaaaaatkuuuuuu...

I'm still in Palembang now. Back to my hometown, dalam rangka akikahan ponakan gw yg baru lahir sekitar 3 mingguan lalu. Mau cerita dikit ttg perjalanan ke Palembang kali ini, yang sumpah bikin emosi jiwa. Bukan masalah kejadian di Palembangnya, tp krn delay-mendelay nya pesawat yang rasanya bikin emosi, pgn marah" dan mau muntah...

Jadi gw bareng suami pulang ke Palembang naek Sriwijaya Air. Tdnya sih udah booking Garuda, tp krn harga tiket yang mehong pisan, jadilah diputer otak naek pesawat apa yeuh yang rada murah... Jadilah ada beberapa maskapai yang dijadiin alternatif. Suami rekomendasiin Lion Air. Tp karena bbrp waktu lalu suami pernah naek lion dan delay pula selama 3 jam ajah, jd gw ogah naek Lion, dan gw usulin Sriwijaya. Yaaahh, krn waktu itu menurut pengalaman gw tuh maskapai ga jelek" amat dan kalopun delay ga parah" amat ya... jadilah kita naek Sriwijaya Air ituh.

Udah tuh ya, semangat 45 kita ke airport, seneng bok mau pulang kampung. Udah makan siang dulu di airport trus buru" ke gate tujuan Palembang. Ditunggu...ditunggu... Ko pesawatnya ga nongol" jg... Gada kabar, penumpang mule gerah. Trus ada pengumuman kalo pesawat didelay sekitar setengah jam-an lagi. Yah gpp deh... Masi bisa sabar... Trus nunggu lagi... booooo, gada kabar sama sekali dari pihak maskapai... Trus penumpang udah emosi aja ngerubungin petugas yg in-charge dsana. Marah" dan semua pada spanning tinggi (including my hubby). Suami gw sampe nelfon ke Customer Service nya Srwijaya Air. Marah" pokona mah... Dan ga lama kemudian akhirnya diberangkatkan jg... Total waktu yang terbuang: 2 jam ajah...

Dan hari ini sodara", suami gw balik duluan ke jkt. Naek Garuda Indonesia yang katanya paling okeh lah seantero negeri ini... Pesawat jam 7.40. Tp di luar sedang ada kabut, jadi kita maklum, lah bo ya kalo misalkna akan ada delay krn alesan cuaca. Lama dtunggu gada kabar, trus suami sms... "rencanya pesawat akan diberangkatkan pukul 12.45". WHAAAATTTT??? gw yg baca sms aj udah ngedumel... Trus gw telfon"in, gw tanya alesannya apa? trus suami bilang GA ADA INFORMASI YANG JELAS... Ga bener banget kan!! Tp dy bilang kalo dy smpt 2x nelfon ke Garuda nya dan marah"... Yah, mgkn tidak menyelesaikan masalah saat itu jg, but at least selaen suami bs menyalurkan emosi dan kemarahannya, bs jadi input jg bwt org Garuda. Total waktu yang terbuang percuma: 5 jam!!!

Coba kita simpulin dikit...
Naek Lion Air... delay 3 jam
Naek Sriwijaya Air... delay 2 jam
Naek Garuda Indonesia... delay 5 jam

Can you imagine? Ga peduli mo penerbangannya apa tp kalo mo delay tetep aj seenak jidatnya delay. Even maskapai penerbangan yang eksklusif sekalipun yg paling parah delaynya... Dudul, ga tuh...

Suami pernah browsing tentang masalah ini di internet dan dikaitkan dengan UU Penerbangan. Seharusnya ada kompensasi dari pihak maskapai. Tp dari total 3 kejadian delay-mendelay yang terjadi dalam kurun waktu kurang dari sebulan ini kynya gada tuh kompensasi apapun... Ah, pusing... Gmn gw balik ke Jkt ntar ya? Bakal begini lagi ga yah? Mgkn kalo alesannya krn cuaca ya rada maklum lah... Kalo alesannya ga jelas bgituh? Dan tidak ada penyelesaian apa pun dari maskapai ya wajar kali banyak yg ngamuk... Apa kita boikot aja maskapai penerbangan itu, dan menggalakkan road trip aja? Hehehe... Tauk, ah... Semuanya terserah anda... :)

1 comment: