Wednesday, May 6, 2009

Usaha...usaha...

Hari ini harusnya gw kudu ke Klinik Yasmin di RSCM, konsul lagi ke dr. Budi Wiweko, SpOG. Dokter ini rujukan dari dokter kandungan ipar gw di Palembang... Tp entah kenapa gw males bgt keluar rumah hari ini, jadi aja lebih milih ngadem di rumah dan browsing" di internet, berupaya dapet ilham atas diagnosa dokter ini ke gw.

Jadi, tgl 13 April lalu gw ke Yasmin, konsul perdana dsana setelah gw cek darah di lab (sebelomnya gw ke dr. Yusuf, OBGYN nya ipar gw itu, dan disarankan untuk periksa PA di Prodia, krn gw dicurigai punya kelainan hormonal, yg berakibat pada Sindroma Ovarium Polikistik ato yg disingkat SOPK, yg bikin ovulasi terganggu, jadi sel telur gw ogah dibuahi, hiks....). Di klinik itu rame bangeeeettt... Katanya sih dikarenakan lokasi yg lama lg direnovasi jadi ruangannya ga comfort abis... kecil pisan... Jadi yg emang udah rame, makin keliat rame...
Dsana gw bdua brg suami. Berangkatnya sih masing", jadi ktemuan aja dsana... Setelah nunggu 1 jam-an, akhirnya gw konsul jg... Gw curhatin deh apa yg terjadi sama diri gw... Masalah gw yg blighted ovum, dikuret, sampe haid gw yg suka molor ampe 3 mingguan... Dan gw pun di USG... langsung USG trans-vaginal (yg sumpah, gw ga sukaaaaa... tp kudu pasrah), dan dari hasil USG gw emang dicurigai emang terkena SOPK ituh (di USG itu keliatan kalo sel telur gw banyaaaaakkkk bgt dan kecil"... which is abnormal T.T)
Berhubung gw kudu periksa darah, dan periksa darahnya itu kudu haid, jadilah gw dikasi primolut, obat hormon gt deh... Dikasi obat itu karena pasca kuretase gw blom haid jg... Udah gt gw diikutin ke program penelitian, jadi begitu gw haid, gw sekalian ambil darah kumplit... dan bebas biaya (klo biaya sendiri mahal gilaaaa... 5 jutaan aje...)

Jadilah gw rutin mengkonsumsi primolut itu, tp haid gw ga kunjung dateng. Hari ke-3 pasca obat abis yg seharusnya haid gw keluar, tetep aja gw ga dapet... Akhirnya Sabtu kmrn (2 Mei 09) gw konsul lg. Kali ini bareng suami. Di USG LAGI... dan ternyata gw mesti nya udah haid, krn di gambar USG itu udah ada bulir" darah gitu... Trus akhirnya entah diapain lah itu bagian 'bawah' gw (katanya sih dibersiin...) tiba" gw mulessssss bgt ky pas gw dikuret wkt itu, dan dr. Budi bilang, "tuh... darah nya udah keluar... akhirnya haid jg ya bu... td emang ada yg kesumbet dikit..."... Legaaaaa gw... Trus dokternya nyaranin gw lgsg periksa lab di Prodia hari Senin nya, dan balik konsul lg ke dia begitu hasil lab nya ada...

Hari Senin gw ke Prodia Kramat, aseli gw yg buta jalan, kudu melek jalan, deh... Sehari sebelomnya gw udah ditunjukin jalan sih sama suami, jadi yaaaahh... at least bisa "meraba-raba", lah... si Tina, asisten di rumah gw jadiin 'tumbal', hehehe... Jadi kalo nyasar, gw ga sendirian, hoho...
Di Prodia gw udah nangkring dari jam 8an pagi... Sebelomnya gw puasa dulu sekitar 8-10 jam. Ambil darahnya sampe 4 kali... Lemayan, lah bikin lengan gw biru", hehehe... Asik jg di prodia ini. Nyaman, kok... Mgkn krn gedung baru kali ye... Udah gt mba"nya ramah... Jadi pas diambil darah ga panik, trus ga gitu sakit lg pas jarum nya nusuk kulit gw, hehe...

Daaannnn... hasil lab nya udah di tangan gw hari ini. Dianterin sama mba" prodia nya, krn rumahnya dkt rumah gw (hebring, pan? :P). Gw jedag-jedug baca nya... Dan hasil PA ttg hormon gw ternyata ga beda dg yg sebelomnya (which means still abnormal T.T)... Udah gt kolesterol plus triglisterida gw ga normal jg... Kacau bgt! Beda bgt dg hasil tes lab gw sebelom nikah yg smuanya normal!!! Tp alhamdulillah selebihnya normal, termasuk kadar insulin gw. Artinya, gw ga terancam kena diabetes...

Abis dari nerima hasil lab itu, browsing lah gw... Dan ternyata emang gw wajib nurunin berat badan! hukumnya fardhu 'ain!!!
Jadi, SOPK ini kan gangguan hormon nih...
Cirinya ya ada di gw:
Gampang gemuk, jerawatan, siklus haid kacau!
Ada satu lagi ciri yg ALHAMDULILLAH gada di gw, yaitu tumbuhnya rambut" yg banyak di sekitar tubuh menyerupai kumis, jenggot, bulu" tangan, dll... ALHAMDULILLAH BANGET gw ga ky gitu, hehe...

Masalah nurunin berat badan emang suatu hal amat sangat maha susah bwt gw. Kalopun sukses, itu pun dg perjuangan yg gila"an, misalnya ga makan sama sekali! Nah, itu ampuh banget! Tp ya itu, gw jadi ky org sakit! Paling nutrisi yg masuk ke gw cuma dari suplemen" antah berantah yg harganya mahal tak terkira itu... Begitu udah turun dan gw mule makan dan mengatur pola makan gw, dan dalam jangka waktu bbrp hari aja berat gw naik lg ke berat semula... Padahal nurunin nya bs berbulan-bulan! Gitu jg masalah jerawat... Ilang bentar, trus balik lagi... Perawatan jerawat ini jg harganya ga kalah gokil mahalnya...
Bokap pernah bilang emang ini masalah hormon, tp gw ga nyadar kalo ternyata imbas nya gini, gw jadi blighted ovum bbrp bulan lalu...

Jadi, dari hasil surfing di internet barusan, gw emang kudu nurunin berat badan... LAGI!!!! Yg artinya, gw kudu nyiksa diri gw lagi! Tp yaaahhh, gw rela deh demi hamil lagi... kali ini bener" hamil, bukan hamil kosong ky wkt itu... Demi baby yg gw, suami dan keluarga emg damba"in... Menurut yg gw baca, org yg terkena SOPK itu kudu nurunin 10% dari body mass index (BMI) nya dr bb yg sekarang... Lalu gw itung" lah BMI gw dan brp BB yg harus dijadiin target gw... dan ternyata... gw kudu ngurangin at least 8 kg lagi... fhhhh... dan itu harus gw lakukan... demi masa depan... demi keturunan... demi kesehatan...

Entah gimana, tp gw emang ngerasa gw harus fight! BB gw smpt turun sih... SEKILO, tp masi butuh BERKILO-KILO lg untuk mencapai target gw... hhhhhhh... SEMANGATHHH!!! tinggalkan food obsessed guweeee...!!!

3 comments:

  1. ayo semangat sayang.. i will always support you..:)

    ReplyDelete
  2. Sis. Aku masalahnya sama bgt kyk kamu. Bisa kita sharing? Aku jg skrg di kasih Primolut N. Contact my whatsapp 089630782016 / Line jenniferjjj :)

    ReplyDelete
  3. Sis. Aku masalahnya sama bgt kyk kamu. Bisa kita sharing? Aku jg skrg di kasih Primolut N. Contact my whatsapp 089630782016 / Line jenniferjjj :)

    ReplyDelete