Wednesday, October 13, 2010

Making Cakes... ^^

Awalnya karena 'gatel' pgn berprakarya ria, trus keinget aja dengan cupcakes yang ga sengaja pernah keliat di salah satu blog gitu... Trus mulai deh beli-beli buku tentang cakes dan fondant things gitu... Sampe akhirnya beli semua tools untuk bikin kue, kecuali OVEN! Tapi niat bikin kue ga surut, donk... Jadi gw keukeuh mau bikin cakes, yg kukus2 jg ga masalah, asal bikin cakes... Cm pan masalahnya kukusan di rumah ga gitu gede, jd aja gw akali dg mengganti cakes dg cupcakes :D.

Resep cupcakes pertama gw adalah brokus alias brownies kukus yg gw taro di cake case (well, it is better if you use paper cup for cupcakes). Si cake case ini jg salah ukuran dooonk... Cupcakes standar itu kan diameter atas 7cm, diameter bawahnya 5cm, yg gw beli diameter atasnya 5cm dan diameter bawahnya 3,5cm... Tapi krn maksa mau bikin, jadilah gw ngotot harus bisa, ya anggep aja cupcakes mini, lah... Oh iya, utk ngakalin kukusan gw yg ga gede td, cetakannya gw beli yg satuan, beli di carrefour...

Cupcakes kukus pertama gw akhirnya jadi, rasanya jg yummy, hehe... Tp namanya jg kukus, yah, jadi atasnya 'ngakak' gitu, pan susah bwt ngias toppernya... Tp tetep gw akalin dooooonk, jadi si ngakaknya tadi gw trim pake piso, baru dah dilapisin fondant dan figurine di atasnya... Jadinya kaya gini:
Ini cupcakes pesenan Nida, adek ipar gw bwt Cesya, pacarnya :D

Ngomongin ttg oven, dulu jaman gw kuliah di Bandung gw demen banget ngoprek dapur, sekedar untuk bikin kue ato masak beneran. Dulu mah enak, oven nya nyatu gitu sama kompor gas, jadi klo mau iseng2 bikin kue, bisa langsung praktek, paling beli ingredients nya aja dulu. Nah sekarang, semenjak berumah tangga, di rumah yang ada cuma kompor gas nya doank, tp oven nya ga ada. Mau beli yg built in mehong ya booo... berjeti-jeti, udah gitu mau ditaro dimanaaahh :p. Dan tiba-tiba gw inget, pan ada tuh oven portable yang ditangkringin di atas kompor gt, jadilah gw browsing dan nemu apa namanya... Namanya OTANG alias Oven TANGkring. Jadilah gw ky orang ngidam gitu, mikirin si otang, suami gw geli aja ngeliatnya..

But, finally... mgkn karena ksian liat gw dan mgkn bosen denger 'kicauan' gw ttg si otang ini, akhirnya dianterlah gw ke Cawang... Oh iya, gw jg niaaaaatttt pgn pny otang yg merk Hock... Simple sih alesannya... Krn yg Hock udah ada thermometer di ovennya, yaaa... secara gw masi newbie di dunia per-otang-an ini, hehe...

Jadilah besoknya gw pake si otang ini... Seperti yg pernah gw baca, otang yang masi baru kudu dipanasin dulu sampe asap dan bau gosong dari si otang ini ilang... Trus bawahnya kudu diganjel dg batu bata spy panas api di otang merata. Otang gw sih gw panasin dulu, tp bawahnya ga gw ganjel, alesannya: malaaasss mencari batu bata :p. Tp ga masalah, gw tetep baking the cake. Cake yang pertama gw bikin adalah Sponge Cake alias kue bolu... Lumayan, deh... pas jadi jg ga bantet, padahal yaaaaaaa... proses nyampur dan ngaduk bahan kue nya banyak yg ngasaaaalll... Beginner's luck kali yeee... Trus gw bikin buttercream jg sekalian bwt filling dan base bwt fondant nya... Dekor sana sini dan akhirnya... Voila! jadi deh cake ala gw...
Cake ini dibikin bwt ade ipar gw yg satu lagi, Intan yang bbrp hari lalu lg ulang taun. Theme nya sih ada cewe nongol dari peti yang isinya tumpukan baju gitu :p

Oh iya, to be honest dekorasinya diinspirasi oleh buku nya Debbie Brown yg 50 Easy Party Cakes (tar dah gw foto bukunya :D)

No comments:

Post a Comment